Losail, Qatar: Awal Kemenangan Valentino Rossi

Standar

Bruum..Brumm..Brumm, inilah suara derungan motor para pecandu kecepatan setelah 5 bulan beristirahat akhirnya kembali membahana di tengah gurun pasir. Yup the race its about to begin, seri pembuka MotoGP 2010 digelar di Sirkuit Losail Qatar tadi malam (11 April 2010). Pada sesi Free Practice, Casey Stoner tampil sangat mendominasi dengan catatan waktu tercepat. Hingga sesi kualifikasi, Casey Stoner berhasil menempati Pole Position dikuti oleh Valentino Rossi dengan perbedaan waktu 0.355 detik, dan Jorge Lorenzo pada Grid ketiga.

Classification

On the race day, memulai balapan pada Pole Position Casey Stoner sempat memimpin balapan dari lap kedua hingga pertengahan lap kelima, namun malang nasib naas menimpa pembalap Australia ini. Di tikungan keempat Casey Stoner melakukan kesalahan dan harus tergelincir ke graffel. Rivalnya, Sang Juara Dunia, Valentino Rossi mengambil keuntungan dari insiden ini, setelah menguntit Stoner akhirnya The Doctor dapat memimpin balapan.

The Spaniard, Dani Pedrosa pun memberikan kejutan pada seri pembuka ini. Memulai dari Starting Grid ketujuh, Pedrosa mengawali start dengan sangat baik dan berhasil memimpin balapan di tikungan pertama hingga diambil alih oleh Stoner pada lap kedua.

Rekan satu tim The Doctor, Jorge Lorenzo sempat tercecer hingga posisi keenam. Namun demikian Lorenzo tidak putus asa dan terus terus berusaha hingga akhirnya dapat merangkak naik ke posisi keempat di belakang Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden yang memperebutkan posisi kedua. Memanfaatkan pertarungan Dovizioso dan Hayden, Lorenzo yang masih cedera akibat patah tulang jempol tangan kanan berhasil merangsek ke posisi kedua dan mempertahankan posisinya hingga bendera finish berkibar.

Pertarungan sengit terjadi antara Dovizioso dan Hayden hingga tikungan terakhir. Perebutan podium ketiga ini akhirnya dimenangkan oleh Dovizioso yang melakukan sprint setelah tikungan terakhir meninggalkan Hayden dengan perbedaan waktu sangat tipis yaitu 0,011 detik.

Ben Spies dari Tim Yamaha Tech3, berhasil memulai debutnya pada ajang MotoGP dengan finish pada posisi kelima diikuti oleh Randy De Puniet dan Dani Pedrosa pada posisi keenam dan ketujuh.

Kemalangan tampaknya sedang meliputi kubu Ducati, tiga pembalap Ducati tidak dapat menyelesaikan balapan di sirkuit sepanjang 5.380 meter ini. Dua pembalap dari tim satelit Ducati (Pramac Racing) gagal total, Mika Kalio dan Aleix Espargaro harus berhenti karena terjatuh. Casey Stoner pun gagal meraih point dan harus melepaskan podium pertama yang telah diraihnya selama tiga musim berturut-turut di Losail ini.

Kemenangan Rossi ini merupakan kemenangan pertamanya pada seri pembuka sejak tahun 2005. Selain itu, kemengan The Doctor di Sirkuit Losail Qatar ini menjadikannya sebagai pembalap ketiga dalam sejarah yang menerima 200 points-scoring selain dari Loris Capirossi dan Alex Barros. Semoga kemenangan Valentino Rossi ini menjadi awal untuk kemenangan-kemenangan selanjutnya dan menjadikannya juara dunia untuk kesepuluh kalinya….viva la El Doctore.

Hasil Race seri CommercialBank Grand Prix of Qatar
1. Valentino Rossi (Fiat Yamaha Team)
2. Jorge Lorenzo (Fiat Yamaha Team)
3. Andrea Dovizioso (Repsol Honda Team)
4. Nicky Hayden (Marlboro Ducati Team)
5. Ben Spies (Monster Yamaha Tech3)
6. Randy De Puniet (LCR Honda MotoGP)
7. Dani Pedrosa (Repsol Honda Team)
8. Colin Edwards (Monster Yamaha Tech3)
9. Loris Capirossi (Rizla Suzuki MotoGP)
10. Hiroshi Aoyama (Interwetten Honda MotoGP)
11. Marco Simoncelli (San Carlo Honda Gressini)
12. Hector Barbera (Paginas Amarillas Aspar)
13. Marco Melandri (San Carlo Honda Gressini)

Sumber: http://www.MotoGP.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s