MotoGp Sepang: Rossi Berjaya, Lorenzo Juara Dunia

Standar

MotoGP Sepang yang digelar 10 Oktober 2010 kemarin merupakan ajang penentuan bagi Jorge Lorenzo untuk meraih gelar Juara Dunia yang pertama kalinya. Sebenernya sih dengan absennya Dani Pedrosa di dua seri terakhir, Lorenzo sudah dipastikan menjadi Juara Dunia karena cuman Pedrosa yang mampu menjegal Lorenzo setelah Juara Dunia 9 kali Valentino Rossi didera cidera. Seperti yang para GPholic ketahui di seri Motegi kemarin Rossi dan Lorenzo sempat terlibat duel seru yang cukup menegangkan. Duel tersebut sempet bikin Lorenzo mencak2 di akhir balapan, dia bilang kalau gaya balap Rossi terlalu kasar dan bisa mencelakakan sehingga Lorenzo harus mengalah untuk menghindari kecelakaan. Menanggapi hal tersebut, Rossi cuman bilang yahh itu kan cuman buat menghibur (ini Lorenzo yang cemen ato Rossi yang usil….).


Di seri Sepang kemarin, pada Free Practice pertama Rossi tampil luar biasa dengan catatan waktu tercepat. Di sesi kualifikasi, giliran Lorenzo yang tampil luar biasa dan berhasil merebut pole position, disusul Nicky Hayden di urutan kedua dan Andrea Dovizioso di tempat ketiga. Entah apa yang salah, Valentino Rossi hanya mampu menempati grid keenam. Yah mungkin hari itu cuaca emang lagi panas banget, gw aja sampe dehidrasi (hehehe…curhat, eh tapi bener lho panasnya ga nahhhaann).


Nah, pas Race Day Alhamdulillah cuaca ga begitu panas, matahari bersembunyi dibalik gumpalan-gumpalan awan angin pun berhembus silih berganti menyeruakan bau aspal dan karet ban yang saling begesekan (aga’ lebay hehehe…yah pokonya ga terlalu panaslah). Selepas start, Rossi sempat tercecer hingga posisi kesembilan tapi dengan semangat juang yang tinggi di lap ketiga dia udah bisa bersaing dengan Marco Simoncelli untuk memperebutkan posisi ketiga. Lorenzo yang memimpin sejak awal lomba sempat direpotkan dengan agresifitas Dovizioso yang terus menguntit Lorenzo di posisi kedua. Nasib malang bagi Stoner yang harus terjatuh di lap pertama dan Nicky Hayden yang harus berjuang habis-habisan karena pas hari H ga sebagus sewaktu dia kualifikasi.


Di lap-lap terakhir akhirnya Valentino Rossi dapat memimpin lomba, dengan diiringi riuh dukungan dari supporternya Valentino Rossi mengovertake Dovizioso dan rekan satu timnya Jorge Lorenzo. Sempat terjadi overtake2 yang menegangkan antara Rossi-Dovisiozo dan Rossi-Lorenzo, namun hingga bendera finish berkibar Valentino Rossi tetap memimpin jalannya Race disusul Dovizioso di posisi kedua dan Lorenzo di podium ketiga. Hasil race di Sepang ini mengukuhkan Lorenzo sebagai Juara Dunia Motogp 2010, inilah sebabnya mengapa Lorenzo tampil tidak terlalu ngotot atau mungkin balas dendam sama Rossi karena finish di urutan ketiga pun dia tetap Juara Dunia.

Dengan menempati podium pertama untuk kedua kalinya di musim ini setelah sekian banyak drama, The Doctor menyatakan bahwa Race hari ini adalah salah satu race terbaik sepanjang karirnya. Sedikit kutipan wawancara setelah race, Valentino Rossi “Ini adalah moment paling menyenangkan untuk gw, gw seneng banget bisa menang seperti ini dan meraih kemengan ke 46 bersama Yamaha M1. Start gw jelek banget dan gw sempet khawatir, tapi setelah beberapa tikungan gw yakin klo gw bisa ngejar ketertinggalan, karena gw ngerasa kalo motor gw lagi bagus hari ini trims buat Jeremy yang udah ngelakuin sedikit perubahan pagi ini. Gw balap bagus hari ini dan balapan ini sangat fantastis sekali, salah satu yang terbaik sepanjang karir gw. Gw pengen banget ngeraih kemenangan ke 46 ini, seperti yang kalian tau angka 46 itu sangat spesial buat gw. Terima kasih buat seluruh tim yang sudah bekerja keras selama akhir pekan ini, dan gw rasa semuanya terbayar dengan kemenangan ini.”

Yes…everything was worth it, ga sia-sia gw panas-panasan sampe gosong hahaha…Race hari ini emang seru banget bisa liat Rossi juara di Sepang, liat Stoner jatoh, dan liat Lorenzo ngerayain jadi Juara Dunia Motogp 2010 sayang Dani Pedrosa ga ada “tiada kesan tanpa kehadiranmu Dani” hehehe. Semoga musim balap taun depan lebih seru lagi palagi Rossi ganti motor pake Ducati, dijamin seru nih…tapi sebelum ngomongin musim depan, minggu depan nih abang2 pada balap lagi di Phillip Island-Australia, moga-moga Stoner ga jatuh di depan publiknya sendiri…goodluck bro.

coutersy: Motogp.com ama dokumen pribadi (sorry kameranya ga beresolusi tinggi hehehe)

3 responses »

Tinggalkan Balasan

